Cara Cek Bantuan UMKM Online 2021 Di BRI Dan BNI

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) pada pertengahan November 2021 menyalurkan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM kepada hampir 100.000 pelaku UMKM di Indonesia. 

Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM Eddy Satriya mengatakan, pihaknya sudah menyalurkan lBLT UMKM Rp 1,2 juta tersebut ke lebih dari 12,7 juta pelaku UMKM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Akan tetapi banyak dari orang-orang yang mendapatkan bantuan ini tidak tahu bagaimana cara mengecek apakah mereka termasuk penerima atau tidak?

Pengecekkan penerima bantuan UMKM ini dapat dilakukan dengan mudah. Ini dapat di cek secara online melalui website resmi bank penyalurnya seperti Bank BRI dan BNI.

Jika kalian masih bingung dengan bagaimana cara cek bantuan UMKM, pada artikel ini kami akan memberikan informasi selengkapnya untuk kalian. Silakan kalian simak ulasan di bawah ini.

Apa Itu Bantuan UMKM?

Cara Cek Bantuan UMKM

Bantuan Langsung Tunai UMKM adalah bantuan pemerintah yang ditujukan untuk para pelaku UMKM yang ada di Indonesia yang bertujuan untuk memulihkan perekonomian masyarakat.

Ada beberapa bentuk bantuannya salah satunya berupa modal usaha sebesar Rp 1,2 juta perorang. Bantuan ini diberikan untuk membantu para pelaku UMKM untuk meningkatkan usaha mereka.

Awalnya Bantuan ini diberikan bagi para pelaku UMKM agar tetap bertahan di masa sulit seperti pandemi ini. Bantuan ini sampai saat ini masih berlangsung dan mungkin akan berkelanjutan.

Hal ini bisa menjadi kabar baik untuk para pelaku UMKM yang tetap bertahan di masa sulit saat ini. Siapa yang tidak senang jika mendapatkan bantuan dari pemerintah?

Perlu kalian ketahui bahwa anggaran dari pemerintah untuk program ini mencapai Rp 15,36 triliun untuk program bantuan ini. Rencananya, program ini akan diterima oleh lebih dari 12, 8 juta pelaku UMKM yang ada di Indonesia.

Baca Juga : Cara Daftar Kartu Prakerja Online Lewat HP Gelombang 2021

Manfaat Bantuan UMKM

Cara Cek Bantuan UMKM

Manfaat dari bantuan UMKM ini diharapkan para pelaku UMKM dapat mempertahankan usaha mereka agar tetap bertahan. Entah selama pandemi ataupun nanti pada saat masa PPKM.

Adanya bantuan modal tambahan diharapkan para pelaku UMKM melakukan peningkatan di sejumlah sektor.

Salah satunya dengan menambah SDM atau karyawan yang dibutuhkan. Dengan adanya penambahan ini akan menjadi kabar baik untuk masyarakat yang sedang banyak membutuhkan pekerjaan.

Jadi, diharapkan bantuan UMKM ini dapat memberikan efek yang luar biasa bagi pelaku usaha. Ini juga sudah dibuktikan dengan data yang menyebutkan adanya penambahan pelaku usaha sebanyak 760 ribu orang lebih, serta lowongan kerja sebanyak 4,5 juta.

Cara Cek Penerima Bantuan UMKM Lewat BRI

Cara Cek Bantuan UMKM

Jika kalian ingin mengecek daftar penerima bantuan UMKM, kalian bisa mengeceknya melalui BRI berikut adalah langkah-langkah yang bisa kalian ikuti: 

  1. Buka laman https://eform.bri.co.id/bpum.
  2. Masukkan NIK pada KTP kalian.
  3. Masukkan kode verifikasi yang ada pada layar.
  4. Klik nantinya akan ada ‘Proses Inquiry’.
  5. Lalu, akan muncul pemberitahuan apakah kalian terdaftar atau tidak sebagai penerima BPUM 2021.
  6. Selesai.

Adapun beberapa persyaratan dari para pelaku usaha agar nanitnya bisa mendapatkan bantuan UMKM ini:

  1. Warga Indonesia yang memiliki KTP dan KK.
  2. Memiliki usaha mikro atau UMKM yang ada.
  3. Memiliki NIB atau SKU.
  4. Tidak sedang mendapatkan bantuan KUR atau kredit perbankan.
  5. Bukan ASN, anggota TNI/Polri, dan karyawan BUMN/BUMD.

Cara Cek Penerima Bantuan UMKM Lewat BNI

Cara Cek Bantuan UMKM

Jika kalian ingin mengecek daftar penerima bantuan UMKM, kalian bisa mengeceknya melalui bank BNI. Berikut akan kami jelaskan langkah-langkah yang bisa kalian ikuti:

  1. Buka ke laman https://banpresbpum.id/.
  2. Masukkan nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) kalian.
  3. Klik “Cari”.
  4. Setelah itu, nantinya akan muncul pemberitahuan jika apakah kalian masuk atau tidak sebagai penerima bantuan UMKM 2021.

Bagi kalian yang masih bingung syarat mendapatkan bantuan UMKM melalui BNI, berikut beberapa syarat yang harus kalian penuhi ketika ingin mendapatkan bantuan UMKM ini:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Memiliki KTP Elektronik.
  3. Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dan pengusul BPUM serta lampirannya.
  4. Bukan Aparatur Sipil Negara, TNI/Polri, pegawai BUMN atau BUMD.

Cara Mendapatkan Bantuan UMKM

Cara Cek Bantuan UMKM

Jika kalian ingin mencoba mendapatkan bantuan pemerintah, sebagai pelaku UMKM kalian harus melalui beberapa syarat yang harus dipenuhi. Adapun beberapa syarat-syarat tersebut adalah:

Pelaku UMKM Harus Memenuhi Sejumlah Syarat

Jika kalian ingin mendapatkan bantuan UMKM dari pemerintah. Ada sejumlah syarat yang harus kalian penuhi, adapun syarat-syaratnya adalah:

  • Kalian merupakan WNI yang telah memiliki KTP.
  • Memiliki usaha yang dapat dibuktikan dengan surat Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).
  • Bukan ASN, pegawai BUMN/BUMD, TNI/Polri.
  • Pastikan juga jika kalian tidak menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari koperasi.

Melakukan Proses Pencairan Dana

Kalau syarat di atas udah kalian penuhi, kalian bisa langsung melakukan proses pencairan. Proses ini nantinya diawali dari pesan teks oleh pihak PT. Pos Indonesia, atau bank BUMD/BUMN.

Kalian diharuskan datang ke lembaga penyalur BLT UMKM dengan membawa beberapa syarat seperti data lengkap dari fotokopi SKU atau NIB, KK, dan KTP elektronik.

Nantinya kalian akan dipandu untuk melakukan tanda tangan lembar pertanggung jawaban. Lembaran tersebut akan menjadi salah satu bukti bahwa kalian penerima BLT dari pemerintah.

Bila sudah, nantinya petugas akan melakukan verifikasi pada semua syarat dan data yang kalian berikan bantuan pencairan dana BLT untuk UMKM sebesar Rp 1,2 juta.

Lakukanlah Pengecekan Berkala

Sebelum nantinya kalian akan diminta untuk melakukan pencairan, kalian harus melakukan pengecekan terlebih dahulu. Cara ini dilakukan agar memastikan apakah kalian benar-benar sudah terdaftar sebagai penerima BLT atau belum.

Cara pengecekan silakan kalian lihat panduan di atas karena kami sudah memberikan informasi lengkapnya.

Jika kalian sudah melakukan pengecekan di dua bank tersebut akan tetapi belum terdaftar, jangan ragu untuk melapor ke bagian penyelenggara.

Biasanya, ada dua faktor yang menyebabkan kenapa kalian belum terdaftar di bank sebagai penerima BLT. Berikut faktor yang mungkin terjadi:

  1. Data masih diproses, faktor ini masih bisa ditolerir sehingga kalian tak perlu khawatir. Kalian hanya perlu menunggu sampai datanya betul-betul masuk ke bank.
  2. Kalian tidak memenuhi beberapa syarat yang diajukan, kalau faktor satu ini kalian harus memenuhi beberapa syarat yang harus terpenuhi atau bisa juga melakukan pendaftaran ulang untuk memenuhi syarat yang ada.

Akhir Kata

Bantuan UMKM adalah bantuan pemerintah yang ditujukan untuk para pelaku UMKM yang ada di Indonesia. Ada beberapa bentuk bantuannya berupa modal usaha sebesar Rp 1,2 juta perorang.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan WA Sementara Di Android Dan iPhone

Jika kalian termasuk orang yang mendapatkan bantuan tersebut, kalian dapat melakukan pengencekan dengan cara yang sudah kami berikan di atas. Semoga cara yang kami berikan membantu kalian dalam proses pencairan dana UMKM.

Demikian artikel yang kami sampaikan mengenai cara cek bantuan UMKM, semoga bermanfaat dan kami ucapkan terima kasih.