Cara Cek Sertifikat Vaksin Tahap 1 Dan 2 Melalui PeduliLindungi

Saat ini sertifikat vaksin sudah menjadi syarat wajib bagi seseorang ketika ingin berpergian atau mengunjungi suatu tempat. Tak heran jika banyak orang yang ingin mencetaknya menjadi sebuah kartu seperti KTP.

Cara cek sertifikat vaksin dapat kalian lalukan dengan mendownload aplikasi atau situs PeduliLindungi. Hal ini karena sertifikat vaksin berbentuk file yang dapat di unduh pada aplikasi tersebut.

Ada beberapa langkah yang dapat kalian lakukan untuk mengunduh sertifikat vaksin. Karena sertifikat vaksin ada dua jenis, pertama sertifikat vaksin pada dosis pertama, yang kedua sertifikat vaksin pada dosis kedua.

Jika kalian penasaran bagaimana cara mengunduh sertifikat vaksin yang mudah, dalam artikel ini kami akan memberikan informasi lengkapnya untuk kalian. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Aplikasi PeduliLindungi?

Cara Cek Sertifikat Vaksin

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu pemerintah untuk melacak penyebaran kasus pandemi COVID-19. Namun, dengan seiring berjalannya waktu ada beberapa fitur ditambahkan yang terdapat dalam aplikasi ini.

Salah satu fitur tambahanya adalah menu “Sertifikat Vaksin”. Dengan inilah seseorang bisa mengakses sertifikat vaksin miliknya dengan menggunakan kartu identitasnya.

Sertifikat vaksin yang terdapat dalam menu tersebut adalah sertifikat vaksin pertama dan kedua. Terdapat juga keterangan tanggal berapa divaksin, dilakukan dimana dan lokasinya, serta data diri lainnya.

Maka dari itu, hal ini sangat penting untuk menjaga akses sertifikat vaksin ini dari orang lain. Karena bisa saja disalah gunakan orang tidak bertanggung jawab dan digunakan untuk hal-hal yang merugikan.

Baca Juga: Cara Daftar Kartu Prakerja Online Lewat HP Gelombang 2021

Cara Cek Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi Lewat Aplikasi

Cara Cek Sertifikat Vaksin

Masih banyak orang yang kerepotan ketika disuruh untuk menunjukkan sertifikat vaksin. Padahal aktivitas ini adalah hal yang sederhana jika sudah tahu cara melakukannya.

Silahkan kalian ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara mengakses sertifikat vaksin lewat aplikasi PeduliLindungi, sebagai berikut:

Masuk ke Aplikasi PeduliLindungi

Pertama yang perlu kalian lakukan adalah dengan mengakses aplikasi PeduliLindungi. Ada dua cara yang dapat kalian tempuh, pertama lewat situs dan kedua lewar aplikasi. Jika kalian ingin masuk lewat situs, silakan kunjungi https://pedulilindungi.id/ pada laman browser.

Lalu, jika kalian ingin mengunjunginya lewat aplikasi, silakan untuk mengunduh aplikasinya yang bisa di download melalui Google Play Store atau App Store. Cari saja aplikasi “Pedulilindungi” pada kotak pencarian.

Cara melihat sertifikat vaksin melalui aplikasi dapat kalian unduh dengan mudah. Karena nantinya aplikasi ini akan memberikan kalian fitur langsung lihat sertifikat.

PeduliLindungi mempermudah penggunanya untuk dapat mengakses sertifikat dengan mudah dan cepat.

Mendaftar atau Log In Jika Belum Punya Akun

Tahapan selanjutnya cara cek sertifikat vaksin adalah dengan melakukan log in. Tahapan ini harus dilewati dengan menggunakan email atau nomor telepon yang digunakan saat mendaftar.

Setelah itu, nantinya kalian masuk aplikasi dan akan ada nomor OTP yang dikirimkan lewat SMS untuk dimasukkan dalam laman aplikasi sebagai bentuk keamanan.

Jika seseorang belum memiliki akun di PeduliLindungi, maka mereka harus mendaftar atau registrasi terlebih dahulu.

Caranya pun cukup mudah, kalian hanya tinggal masukkan nama lengkap dan nomor telepon yang digunakan saat vaksinasi.

Pilih “Sertifikat Vaksin” Dalam Menu Aplikasi

Jika log in pada aplikasi sudah berhasil, kalian tinggal masuk ke halaman depan atau menu utama. Di sana akan ada bagian profil yang ditandai dengan nama kalian sebagai pemiliki kartu vaksin tersebut yang letaknya di pojok kanan bagian atas.

Nantinya kalian tinggal klik icon sertifikat tersebut, dan sertifikat pun akan muncul di halawan awal. Jika kalian sudah mendapatkan dua dosis vaksin, maka akan ada dua sertifikat yang muncul.

Silakan Unduh Sertifikat Vaksin

Setelah kalian berhasil cek sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi sekarang kalian tinggal mengunduh sertifikat tersebut. Nantinya dihalaman awal akan muncul bar pengunduhan sertifikat.

Sekarang kalian tinggal klik “Unduh Sertifikat”. Akan tetapi jangan lupa untuk memasukkan NIK yang terdapat pada KTP. Nantinya sertifikat vaksin yang sudah berhasil diunduh akan tersimpan secara otomatis di folder.

Cara Unduh Sertifikat Lewat Website PeduliLindungi

Cara Cek Sertifikat Vaksin

Cara unduh sertifikat vaksin selanjutnya dapat kalian lakukan melalui website PeduliLindungi. Dengan cara ini kalian bisa langsung menggunakannya tanpa harus mengunduh aplikasi untuk login.

Jika kalian sudah berada pada halaman awal aplikasi PeduliLindungi, silakan ikuti tutorial di bawah ini dengan benar:

  1. Buka situs https://pedulilindungi.id/.
  2. Pilih menu ‘Login/Register’ dengan memasukkan nomor HP kalian yang didaftarkan pada saat kalian melakukan vaksinasi COVID-19.
  3. Tunggu beberapa saat sampai kode OTP dikirimkan lewat SMS ke ponsel kalian, kemudian masukkan 6 kode OTP tersebut untuk login.
  4. Pada pojok kanan atas, klik ‘Nama Akun’.
  5. Pilih ‘sertifikat vaksin’ dan ketik ‘nama kalian’ untuk menampilkan sertifikat vaksin.
  6. Klik ‘unduh’ dan tunggu sampai proses mengunduhan sertifikat vaksin COVID-19 berhasil.

Bagaimana Jika Sertifikat Vaksin Tidak Muncul Padahal Sudah Divaksin?

Cara Cek Sertifikat Vaksin

Kita tahu ada beberapa orang yang mengalami kendala sertifikat vaksin mereka tidak muncul padahal sudah mereka sudah melakukan vaksinasi.

Bagi yang mengalami masalah ini, kalian tidak usah panik. Bisa jadi mungkin datanya hanya belum terinput atau ada masalah teknis sehingga sertifikat belum muncul.

Akan tetapi jika sertifikat tak kunjung muncul dalam jangka waktu yang cukup lama, kalian bisa menghubungi call center PeduliLindungi di nomor 119 dengan nomor extension 9.

Selain itu kalian juga bisa mengadukan keluhan ini dengan mengirim email ke sertifikat@pedulilindungi.id.

Nantinya silakan kalian sampaikan data diri secara lengkap, yaitu nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor ponsel dan email, lokasi vaksin dan tanggal melaksanakan vaksinasi.

Jangan lupa untuk memasukan nomor batch vaksin, foto layar di bagian status sertifikat vaksin di laman PeduliLindungi. Setelah itu silakan kalian berfoto selfie sambil memegang KTP dengan menampilkan data diri kalian.

Sekarang kalian tinggal menunggu tim PeduliLindungi yang akan merespon email yang kalian kirim. Biasanya jika sudah bisa, tim vaksinasi akan menyatakan sertifikat vaksin telah terbit dan dapat diakses di laman PeduliLindungi.

Jika sudah berhasil kalian tinggal download dan cetak kartu vaksin tersebut dengan tutorial yang sudah kami berikan di atas. Mudah sekali, bukan? Sekaran kalian sudah tidak perlu merasa bingung lagi untuk mendownload dan mencetak sertifikat vaksin.

Akhir Kata

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu pemerintah untuk melacak penyebaran kasus pandemi COVID-19.

Baca Juga: Sedekah CF Topbos Klaim Chip Higgs Domino Secara Gratis

Salah satunya untuk mendownload sertifikat vaksin yang sudah kalian lakukan, tentu hal ini akan sangat bermanfaat bagi beberapa orang yang sedang membutuhkan sertifikat dan bingung mendapatkanya dimana.

Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat untuk kalian, jangan lupa untuk mengunjungi situs siecakra-cabdiskisaran.id karena kami akan memberikan update informasi terbaru setiap harinya. Terimakasih!