Perbandingan Spesifikasi dan Harga HP Gaming Black Shark 5 series

Produsen game HP Black Shark telah resmi meluncurkan seri game HP Black Shark 5 terbarunya di China.

Ponsel gaming tersebut akan menggantikan seri Black Shark 4 yang diluncurkan pada Maret 2021. Seri Black Shark 5 hadir dalam tiga varian yakni Black Shark 5, Black Shark 5 Pro dan Black Shark 5 RS.
Spesifikasi dan perbandingan harga HP Gaming Black Shark 5 series:
Spesifikasi Black Shark 5 Pro

Black Shark 5 Pro merupakan varian teratas dan termahal. Black Shark 5 Pro memiliki layar AMOLED 6,67 inci dengan resolusi Full HD Plus dan kecepatan refresh 144 Hz.

Layar Black Shark 5 Pro memiliki tingkat sampling sentuh hingga 720 Hz, mendukung teknologi HDR10+ dan ruang warna DCI-P3.

Black Shark 5 Pro mengusung chipset Snapdragon 8 Gen 1, RAM LPDDR5 hingga 16 GB dan media penyimpanan berkapasitas hingga 512 GB.
Berita Terkait : Spesifikasi dan perbandingan harga HP Gaming Black Shark 5 series

Kapasitas media penyimpanannya sendiri merupakan gabungan dari dua jenis penyimpanan, UFS 3.1 dan NVMe SSD yang masing-masing berkapasitas 256 GB yang dipadukan untuk memberikan performa penyimpanan yang maksimal.

Black Shark 5 Pro memiliki dua komponen pendingin berbasis air (Vapor Chamber) yang dapat meredam panas berlebih saat ponsel digunakan untuk bermain game.

Ponsel ini juga memiliki dua speaker yang dapat menghasilkan suara menggelegar, empat mikrofon untuk merekam suara yang kuat, dan tombol aksi magnetik (pemicu) yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman bermain game.

Dikutip dari GSMarena, Black Shark 5 Pro mengusung tiga kamera yang dimuat dalam modul persegi yang menghiasi bagian belakang, terdiri dari kamera utama 108 MP, kamera ultrawide 13 MP, dan kamera makro telefoto 5 MP.

Black Shark 5 Pro memiliki kamera selfie 20MP dalam modul punch-hole di bagian tengah atas layar.
Spesifikasi Hiu Hitam 5

Black Shark 5 memiliki spesifikasi yang identik dengan Black Shark 5 Pro. Black Shark 5 Pro mengandalkan UFS 3.1 berkapasitas hingga 256 GB dan RAM bertipe LPDDR5 berkapasitas 12 GB.

Black Shark 5 memiliki konfigurasi kamera utama 64 MP, kamera ultra lebar 13 MP, dan kamera makro 2 MP.

Black Shark 5 dan 5 Pro mengusung baterai 4.650mAh dengan pengisian cepat 120W. Black Shark mengklaim bahwa ponsel gaming dapat diisi dari 0-100 persen dalam waktu 15 menit.
Spesifikasi Black Shark 5 RS

Berbeda dengan desain Black Shark 5 atau 5 Pro, Black Shark 5 RS mengusung ponsel gaming yang termasuk dalam keluarga seri Black Shark 4.

Ponsel gaming ini menawarkan kamera utama 64 MP, kamera ultrawide 13 MP, dan kamera telefoto makro 5 MP yang disusun secara horizontal di tengah dan diposisikan dekat dengan bagian atas belakang ponsel.

Spesifikasi Black Shark 5 RS sendiri hampir identik dengan Black Shark 5 Pro. Namun, RAM dan kapasitas penyimpanannya telah dikurangi menjadi maksimal 12 GB dan 256 GB.

Selain itu, kapasitas baterainya juga sedikit diturunkan menjadi 4.500 mAh yang mendukung teknologi fast charging 120 watt. Black Shark 5 RS sendiri merupakan satu-satunya model di Black Shark 5 Series yang masih dibekali dengan audio jack 3,5 mm.
Harga Black Shark 5 series

Di Cina, Black Shark 5, 5 RS, dan 5 Pro akan tersedia mulai 2 April dengan harga berbeda. Black Shark 5 akan dijual dengan harga terendah 2.700 yuan atau sekitar Rp 6,1 juta.

Kemudian Black Shark 5 RS akan ditawarkan dengan harga termurah 3.300 yuan atau sekitar Rp 7,4 juta.

Sementara itu, Black Shark 5 Pro, model tertinggi dan termahal, tersedia dengan harga terendah 4.200 yuan atau sekitar Rp 9,4 juta.

Sumber :