Selain Windows, Ini 8 Sistem Operasi yang Populer Digunakan

Ada dua sistem operasi yang populer digunakan, yakni Windows dan MacOS. Padahal, sebenarnya ada lagi beberapa jenis sistem operasi lainnya yang bisa kamu gunakan, lho!

Menurut LifeWire, sistem operasi adalah suatu program yang kuat untuk mengontrol dan mengelola hardware dan software di sebuah perangkat.

Pada dasarnya, semua komputer, PC, dan smartphone memerlukan sistem operasi untuk bisa digunakan oleh pemiliknya.

Nah, selain Windows dan MacOS, apa saja jenis sistem operasi lainnya yang bisa kamu pilih? Yuk, simak pemaparan berikut ini!

1. Microsoft Windows

Salah satu jenis sistem operasi yang paling populer adalah Windows. Dilansir dari TechTerms, Windows adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia selama dua dekade.

Sistem operasi ini diluncurkan pertama kali pada 1985 oleh Microsoft Inc. Kemudian, Windows terus mengalami perkembangan yang pesat dari segi fungsi, tampilan, dan kualitas.

Hingga artikel ini ditulis, versi terbaru Windows adalah Windows 11 yang diluncurkan pada 2021. Kamu bisa menggunakannya di berbagai perangkat.

2. UNIX

Di era sekarang, nama UNIX semakin terdengar kurang familiar. UNIX sendiri adalah salah satu jenis sistem operasi jaringan yang berbasis text.

Sayangnya, UNIX tidak banyak diminati karena pengoperasiannya yang sulit. Oleh sebab itu UNIX kemudian dikembangkan dan diperbaharui lagi menjadi LINUX.

3. LINUX

Linux adalah perkembangan dari UNIX dan merupakan gabungan dengan MINIX yang juga salah satu perkembangan dari UNIX.

Berbasis grafis, Linux banyak digunakan di jaringan besar seperti pengaksesan berkas pada perusahaan atau lembaga pendidikan.

Linux berbeda dengan OS lain karena kernel dan komponen-komponen lainnya bebas. Seperti dasarnya, UNIX, Linux baik digunakan untuk workstation dan server.

Ini karena Linux sangat stabil dalam jangka waktu yang lama dan tahan terhadap malware. Kelebihan Linux yang lainnya adalah bisa didapatkan dengan gratis, walaupun tetap ada yang berbayar.

4. MAC/ Macintosh Operating System

Sistem operasi jaringan MAC adalah sistem operasi khusus yang dikeluarkan oleh Apple Computer.

Banyak kelebihan yang ditawarkan MAC yang membuat orang tertarik. Misalnya saja adalah sistem operasi berbasis grafis yang tentu saja user friendly.

Selain itu MAC tergolong stabil dan dapat melakukan tugas multitasking. Ditambah lagi sistem operasi jaringan ini kebal terhadap malware.

Tak bisa dipungkiri, dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan MAC tersebut kamu harus merogoh kocek yang dalam karena harganya yang tergolong mahal.

5. MS DOS

MS DOS atau Disk Operating System (DOS) merupakan Windows versi lama. DOS merupakan sistem operasi komputer yang digunakan oleh IBM pada pertama kalinya.

Sistem operasi DOS mengalami kejayaan pada tahun 1980-an. Salah satu dari kelebihan dari MS DOS adalah ukuran sistem operasi ini tidak membutuhkan penyimpanan yang besar.

Tetapi, kekurangan dari MS DOS adalah pada sisi user interface-nya. Tidak ada user interface dalam bentuk grafis, melainkan hanya ada dalam bentuk teks.

Hal ini membuat pengguna yang belum familiar dengan perintah dalam bentuk teks akan kesulitan jika menggunakan MS DOS.

6. Chrome OS

Chrome OS adalah salah satu jenis sistem operasi yang paling baru. Sistem operasi yang dikembangkan oleh Google ini dirilis pada Juni 2011.

Chrome OS berbasis Linux dan hanya dapat digunakan di perangkat tertentu, seperti Chromebook.

Sistem operasi yang satu ini memiliki tampilan yang minimalis. Selain itu, awalnyna Chrome OS juga hanya bisa menjalankan beberapa aplikasi sederhana.

Namun seiring berjalannya waktu, kini Chrome OS dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi Android.

Dikutip dari PCMag, Chrome OS terbilang cocok digunakan dalam keperluan personal dan bisnis.

7. Android

Lain dengan beberapa OS yang sudah disebutkan sebelumnya, Android merupakan sistem operasi yang ditujukan untuk perangkat mobile seperti smartphone, tablet, jam pintar dan lainnya. Perlahan OS ini juga mendukung perangkat TV, layar pintar dan lainnya.

Konsep yang diusung oleh Android hampir sama dengan Linux, yaitu platform open-source yang memungkinkan pengembang menyesuaikan atau custom produknya.

Menurut Statcounter, saat ini Android menjadi sistem operasi mobile yang paling banyak dipakai di dunia dengan pangsa pasar 79,96 persen.

8. iOS

iOS adalah sistem operasi mobile bikinan Apple. OS ini mendukung berbagai perangkat Apple seperti iPhone, iPad, iPod Touch dan lainnya.

OS ini memulai debut pada tahun 2007 bersamaan dengan peluncuran iPhone generasi pertama.

Seiring waktu, popularitas iOS semakin tinggi karena desain yang diusungnya memanjakan pengguna, termasuk dukungan fitur yang serbaguna.

Berkat fitur-fiturnya, iOS menjadi OS mobile kedua yang paling banyak dipakai di dunia setelah Android.

Menurut Statcounter pangsa pasar iOS adalah sebesar 24,48 persen, dihimpun dari Tecmint.

Nah, itulah tadi beberapa sistem operasi yang populer digunakan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kamu!

Baca Selengkapnya Pada : Psobctbk.co.id